ASESMEN LAPANGAN AKREDITASI STIT AL – IBROHIMY BANGKALAN TAHUN 2025

DATA POKOK

Kriteria 1 Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

Kriteria 2 Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama

Kriteria 3 Mahasiswa

  • Pedoman Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru
  • Panduan Pendaftaran Siswa Baru
  • Pedoman Layanan Mahasiswa :
  • 1. Pedoman Bimbingan dan Konseling
  • 2. Pedoman Pengembangan Nalar
  • 3. Pedoman Minat dan Bakat ( UKM ),
  • 4. Pedoman Pengembangan soft skills
  • 5. Pedoman Layanan Beasiswa
  • 6.Pedoman Bimbingan Karir
  • 7 Pedoman Kewirausahaan
  • 8. Pedoman Layanan Kesehatan
  • Seleksi Mahasiswa Baru :
  • 1. Data Jumlah pendaftar (by name)
  • 2. Data Jumlah pendaftar yang lulus seleksi (by name)
  • 3. Data jumlah yang mendaftar ulang (by name)
  • Laporan
  • Laporan

Kriteria 4 Sumber Daya Manusia

Kriteria 5 Keuangan, Sarana dan Prasarana

  • Standar Mekanisme Penetapan Biaya Pendidikan
  • SOP Keuangan
  • Pedoman Pengelolan Keuangan
  • Laporan Penentuan Anggaran
  • Laporan Pengelolaan Keuangan
  • Dokumen Keuangan yang mencakup Analisis Kecukupan, Proporsi, dan keberlanjutan dari perolehan dana (Tabel 4.a LKPT) dan penggunaan dana (Tabel 4.b LKPT).
  • Pedoman Pengelolaan Sarana dan Prasarana
  • Daftar Inventaris Sarana dan Prasarana
  • Dokumentasi Sarana dan Prasarana
  • Laporan Sarana dan Prasarana
  • Laporan Survey Kepuasan Sarana dan Prasarana
  • Laporan Tindak Lanjut Monev Sarana dan Prasarana
  • Dokumen Sarana : Ketersediaan sistem TIK :
  • Sistem Informasi Akademik (SISKA)
  • Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik Admin PT
  • Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik Prodi
  • Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik Dosen
  • Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa
  • Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik BAU
  • SIM Pendaftaran Mahasiswa Baru
  • Buku Panduan Pendaftaran Mahasiswa Baru
  • SIM Perpustakaan
  • Dokumen Sarana :
    Kecukupan sarana terlihat dari ketersediaan, kemutakhiran, kesiap pakaian mencakup: fasilitas dan peralatan untuk Proses Belajar Mengajar (PBM), Penelitian, dan PkM
  • Dokumen Sarana : Ketersediaan sistem TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk:
    a) Mengumpulkan data yang akurat, dapat dipertanggung jawabkan dan terjaga kerahasiaanya.

    b) Mengelola dan menyebarkan ilmu pengetahuan. (Misal: SIMPT,
    SIM Perpustakaan, Database, dan Sistem Informasi PBM).
  • Laporan Evaluasi Capaian Kinerja
  • Laporan Kepuasan Pengguna
  • a) Deskripsi sistem untuk mengukur kepuasan pengguna luaran perguruan tinggi (pengguna lulusan dan mitra), termasuk kejelasan instrumen yang digunakan, pelaksanaan, perekaman dan analisis datanya.
  • b) Ketersediaan bukti yang sahih tentang hasil pengukuran kepuasan pengguna yang dilaksanakan secara konsisten, dan ditindaklanjuti

Kriteria 6 Pendidikan

Kriteria 7 Penelitian

Kebijakan : berisi Dokumen formal kebijakan penelitian yang mencakup perencanaan (termasuk arah dan fokus penelitian), pelaksanaan, dan
pelaporan penelitian serta panduan penelitian.

Indikator Kinerja Utama

a) Ketersediaan dokumen formal Rencana Strategis Penelitian yang memuat landasan pengembangan, peta jalan, sasaran program strategis dan indikator kinerja, serta pelaksanaan rencana strategis. b) Ketersediaan pedoman penelitian dan bukti sosialisasinya.

b) Ketersediaan pedoman penelitian dan bukti sosialisasinya.

c) Bukti yang sahih tentang pelaksanaan proses penelitian mencakup tata cara penilaian dan review, legalitas pengangkatan reviewer, bukti tertulis hasil penilaian usul penelitian, legalitas penugasan peneliti/kerjasama peneliti, berita acara hasil monitoring dan evaluasi, serta dokumentasi output penelitian.

d) Dokumentasi pelaporan penelitian oleh pengelola penelitian kepada pimpinan perguruan tinggi dan mitra/pemberi dana.

e) Keberadaan kelompok riset dan laboratorium riset yang fungsional.

  • Standar Mutu Penelitian
  • SOP Penelitian
  • Renstra Penelitian
  • Pedoman Penelitian
  • Roadmap Penelitian
  • Laporan Sosialiasasi Penelitian
  • Laporan Hasil Penelitian
  • Laporan hasil Kolaborasi atau Kelompok Penelitian
  • Laporan Penelitian yang melibatkan Mahasiswa
  • Laporan Monev Penelitian
  • RTL Hasil Monev Penelitian
  • Laporan Survey Kepuasan Penelitian

Kriteria 8 Pengabdian kepada Masyarakat

  • Standar Mutu PkM
  • SOP PkM
  • Renstra PkM
  • Pedoman PkM
  • Roadmap PkM
  • Laporan Sosialiasasi PkM
  • Laporan Hasil PkM
  • Laporan hasil Kolaborasi atau Kelompok PkM
  • Laporan PkM yang melibatkan Mahasiswa
  • Laporan Monev PkM
  • RTL Hasil Monev PkM
  • Laporan Survey Kepuasan Pkm

Kriteria 9 Luaran dan Capaian Tridharma

  • Laporan IPK 3 tahun terakhir
  • Laporan Jumlah prestasi akademik mahasiswa
  • Laporan Jumlah prestasi non akademik mahasiswa
  • Laporan Lama studi mahasiswa untuk setiap program dalam 3 tahun terakhir
  • Laporan Persentase kelulusan tepat waktu untuk setiap program (Tabel 5.c.2)
  • Laporan Persentase keberhasilan studi untuk setiap program (Tabel 5.c.2)
  • Laporan Lama waktu tunggu lulusan program utama di perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan pertama. (Tabel 5.d.1)
  • Laporan Kesesuaian bidang kerja lulusan dari program utama di perguruan tinggi terhadap kompetensi bidang studi. (Tabel 5.d.2)
  • Laporan Tingkat kepuasan pengguna lulusan dinilai terhadap 7 aspek
  • Laporan Tingkat dan ukuran tempat kerja lulusan.
  • Laporan Jumlah publikasi di jurnal dalam 3 tahun terakhir
  • Laporan Jumlah publikasi diseminar/ tulisan di media massa dalam 3 tahun terakhir
  • Laporan Jumlah artikel karya ilmiah dosen tetap yang disitasi dalam 3 tahun terakhir.
  • Laporan Jumlah luaran penelitian dan PkM dosen tetap dalam 3 tahun terakhir